Laman

Jumat, 09 April 2010

Sayangi Gigi Kita :)

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Setiap vertebrata memiliki struktur gigi geligi. tahu dong fungsi gigi apa..! Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora sebagai senjata. selain itu gigi juga memiliki fungsi estetik. Wanita cantik gak lengkap kalo gak punya gigi geligi yang utuh, apalagi gigi bagian anterior. senyum kita akan terlihat indah bila struktur ini mempermanisnya. Makanya gak jadi heran kalo sekarang fungsi estetik ini begitu sangat menonjol terutama dengan penggunaan kawat gigi, yang harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

Postingan kali ini, sebenarnya tidak akan mengkhususkan fungsi estetik gigi, tapi lebih dari itu, sesuatu yang sangat berharga, yaitu gigi sebagai sumber kesehatan.

Sekarang, mulai dari pertanyaan, berapa kali kita menggosok gigi? Idelanya adalah dua kali, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Hayo ngaku yang gak rutin gosok gigi!!!

Mengapa perlu menggosok gigi? Ketika kita menggosok gigi, artinya kita membersihkan gigi kita dari sisa sisa makanan yang akan menjadi sumber beranak pinaknya kuman. Gosok gigi adalah langkah awal menjaga kesehatan kita, perlu kita ketahui, bahwa mulut beserta struktur di dalamnya bisa menjadi sumber infeksi bagi tubuh kita bahkan bagi jantung kita. pernah tahu penyakit jantung yang namanya endokarditis? Itu bisa akibat kuman dari mulut kita. ini namanya fokal infeksi.

Ketika kita tidak menggosok gigi atau setidaknya tidak berkumur setelah makan, 20 menit kemudian setelah makan, sisa makanan dalam mulut akan membentuk yang namanya plak. plak ini terbentuk atas kerjasama kuman dan saliva atau air liur kita. hanya dalam 20 menit!

Plak akan membentuk kumpulan berbagai macam bakteri di atas pelikel permukaan gigi. Di atas pelikel ini akan menempel berbagai macam bakteri yang membentuk koloni. Bila plak sudah terbentuk, maka tidak akan hilang dengan hanya berkumur kumur.

Pada permulaannya sebagian besar bakteri dalam plak adalah bakteri streptokokus Gram (-), cocci dan bakteri basil (bacilli). Filamen mulai ditemukan setelah beberapa hari. Spiral dan spirocheta mulai terlihat setelah 1-2 minggu.

Komposisi dari plak yang telah matang terdiri dari :

* Gram (+) cocci dan basil 50%
* Gram (-) cocci dan basil 30%
* Fusobakteri 8%
* Filamen-8%
* Vibrio 2%
* Spirocheta 2%

Kalo plak sudah terbentuk, dijamin deh 72 jam selanjutnya akan terbentuk yang namanya kalkulus atau karang gigi. kalkulus ini merupakan hasil kalsifikasi dari plak tadi.
Jikalau plak dapat diangkat dengan menyikat gigi dan flossing, maka kalkulus hanya dapat dibersihkan oleh mekanisme yang dilakukan dokter gigi. Kalkulus akan mengantarkan kita secara langsung kepada infeksi kronis dan peradangan. Jadi, kalau anda ingin gigi anda infeksi atau meradang, silahkan saja pelihara dan sayangi kalkulus di rongga mulut anda.

Yang paling ringan terjadi adalah gingivitis, atau radang pada gingiva alias gusi. Tanda tandanya merah, bengkak hingga mudah berdarah pada gusi. sampai terjadi yang namanya periodontitis atau radang pada jaringan pendukung gigi. Ini rasanya sakit banget lho, kata pasien di rumah sakit.

Masih banyak alasan mengapa kita harus menyayangi gigi kita. mulailah dengan memenuhi haknya untuk dibersihkan dua kali sehari, gigi pun akan memberikan kewajibannya sebagai fungsi mekanik dan estetik. masa cantik cantik giginya plak dan kalkulus-an gara gara gak gosok gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar